Rizky Kuliner

Karena hanya berjarak kurang dari lima menit berjalan kaki dari tempat tinggal, kumpulan dapur kecil yang diberi nama Rizky Kuliner ini sudah berkali-kali saya datangi untuk makan siang murah, santai, dan cukup bersih. Hanya ada empat meja panjang di situ yang cukup untuk empat puluh orang kalau duduk seperti di dalam angkutan kota.

Kios yang pertama kali menarik perhatian saya adalah Ayam Gepuk Shinta Sukarasa dengan paket ayam goreng, nasi uduk, dan sayur asem seharga Rp16.000. Sayangnya, baru di kunjungan ketiga saya bisa menikmatinya karena potongan dadanya selalu habis. Penantian singkat itu tidak mengecewakan. Dagingnya empuk dan renyah, dan kulitnya matang dengan merata. Taburan bawang gorengnya yang tidak sungkan-sungkan memberikan aroma ekstra. Nasi uduknya seharusnya bisa lebih harum. Sayur asemnya pakai labu. Kuahnya sedikit terlalu pedas, dan saat itu disajikan ketika baru matang sehingga terasa terlalu panas.

Waktu saya belum berhasil makan ayam gepuk itu, saya mencoba menggantikannya dengan ayam goreng lengkuas di kios lain. Bersama nasi dan sayur asem dan teh poci, harganya lebih murah, hanya Rp14.000. Porsi sayur asem lebih sedikit tapi kuahnya lebih pas – tidak pedas, asamnya terasa, dan segar. Sayangnya, ayamnya terasa seperti ayam goreng biasa tanpa embel-embel lengkuas.

Yang membuat saya ketagihan sebenarnya adalah makanan pertama yang saya coba di Rizky Kuliner ini, yaitu siomay ikan Bandung. Dagingnya padat, tahunya segar dan empuk, dan kekentalan bumbu kacangnya pas sekali. Dengan harga Rp1.000 per potong, siomay ini bisa jadi penyebab sakaw di siang hari.

Selain Rizky Kuliner, sepanjang Jalan Menteng Atas Selatan (belakang kompleks Apartemen Taman Rasuna) Jakarta juga dipenuhi dengan beberapa warteg, gerobak-gerobak ketoprak dan gado-gado, warung Indomie, kios es kelapa (yang mengandung terlalu banyak gula!), es cendol, dan lain-lain. Suasana sangat ramai khususnya seusai jam sembahyang Jumat karena tepat di seberang Rizky Kuliner ada Mesjid Al Bakrie Taman Rasuna.

1 comment
  1. Aulia said:

    lihat kuliner jadi lapar hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: