Ritual Menyajikan Kopi Menggunakan Clever Dripper

Setelah mencoba berbagai alat penyaji kopi di rumah, saya merasa Clever Dripper adalah yang paling cocok buat saya. Kenapa?

Pertama, karena tidak seperti coffee drip machine biasa, Clever Dripper tidak menggunakan tenaga listrik sama sekali. Penghematan luar biasa! Kedua, tidak seperti French Press / plunger atau mokapot, Clever Dripper amat sangat mudah dibersihkan. Ketiga, dibanding coffee drip machine biasa, tingkat “kerepotan” menggunakan Clever Dripper sama saja dengan menggunakan French Press / plunger atau mokapot. Bedanya, dengan menggunakan Clever Dripper saya jadi lebih mudah bereksperimen dengan waktu pemanasan, suhu air, dan komposisi antara air dan serbuk kopi. Sangat menyenangkan! Terakhir, tentunya tidak seperti mesin pembuat kopi otomatis yang menggunakan kapsul berlapiskan aluminium yang harus selalu dibuang, Clever Dripper sangat ramah lingkungan.

Demikian saya bagikan seperti apa biasanya ritual pagi hari saya saat menyajikan kopi menggunakan Clever Dripper:

01. Ide sederhana dari Clever Dripper adalah sebuah klep di bagian bawahnya yang bisa membuka dan menutup. Apabila mendapat tekanan lembut dari bawah, klep ini akan membuka, dan cairan akan mengalir dari bagian mangkuknya ke bawah. Apabila tidak mendapat tekanan sama sekali, klep ini akan menutup saluran tersebut sehingga air akan tertahan di dalam mangkuk. Ada empat penyangga kecil di sisi-sisi bagian dasar Clever Dripper yang membuat klep akan selalu dalam keadaan tertutup (karena tidak mendapat tekanan dari bawah) ketika Clever Dripper diletakkan di atas coaster-nya.

02. Didihkan air yang cukup untuk lebih dari satu mug kopi. Sementara itu, letakkan Clever Dripper di atas mug yang kosong, dan tempatkan coffee filter di mangkuknya. Saat ini klep di bagian dasar Clever Dripper sedang mendapat tekanan dari bawah, yaitu dari tepi atas mug Anda. Jadi, klep tersebut dalam keadaan terbuka. Saat air sudah mendidih, tuangkan perlahan-lahan ke sekeliling tepian mangkuk Clever Dripper dengan tujuan untuk membasahkan seluruh bagian dari coffee filter. Air akan langsung turun ke dalam mug. Diamkan saja supaya berfungsi untuk memanaskan mug Anda. Kosongkan mug dari air panas tersebut saat mug akan diisi larutan kopi (Langkah no. 04).

03. Ketika air tadi sudah mengalir semua ke dalam mug, angkat Clever Dripper dan letakkan di atas coaster-nya. Saat ini, posisi klep di bagian bawah Clever Dripper tadi sedang tertutup karena tidak mendapat tekanan dari bawah. Masukkan bubuk kopi ke dalam mangkuk dengan takaran sesuai selera. Tuang air panas tadi untuk membasahkan bubuk kopi tersebut. Diamkan sejenak. (Saya biasa mendiamkan sekitar 30 detik.)

04. Lantas, saat Clever Dripper masih berada di atas coaster-nya, tuang air panas lagi ke dalam mangkuknya hingga volume-nya tepat dengan takaran bubuk kopi dan porsi yang diinginkan (apakah satu mug atau lebih). Diamkan selama kurang lebih 4 menit. Setelah itu, letakkan Clever Dripper yang sudah berisi larutan kopi tersebut di atas mug (seperti di gambar No. 4). Larutan kopi akan langsung mengalir ke dalam mug.

05. Setelah larutan kopi sudah habis dialirkan ke dalam mug, buang coffee filter dan ampas kopi di dalamnya. (Catatan: Buat yang tahu cara mengolahnya, ampas kopi juga bisa dijadikan pupuk.) Untuk membersihkannya, Clever Dripper cukup diberi aliran air. Silakan gunakan air panas untuk menghilangkan noda kopi.

06. Sementara itu, kopi Anda sudah siap dinikmati. Tambahan saja: cupcake itu bisa dipesan ke @Jakafe.

Mungkin agak sulit menemukan Clever Dripper di Indonesia. Saya mendapatkannya dari @kulikopi. Silakan coba hubungi via Twitter untuk mendapatkannya. Semoga masih ada stok🙂

2 comments
  1. sabaiX said:

    Kayaknya menarik nih.. Harganya berapa Ve?

    • Coba tanya ke si @kulikopi deh. Dia jual tuh. Gue waktu itu dikasih sbg hadiah ultah. Hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: